Mother Bakes Easy

Welcome to cook and bake people! Enjoy many recipes from my kitchen my personal way.

How to make Homemade Frying Mix (Bilingual- Eng-Indo)

Instant life gave us instant Frying Mix to help us make crispy fries. But can you made it homemade? Here I share you the way I make my Frying Mix at home. It goes really good on chicken, veggies, and onions. Let’s see!

(Teman-teman ini aku share resep bikin tepung bumbu untuk gorengan sendiri di rumah, cocok untuk ayam goreng tepung, bawang bombay goreng, atau sayuran goreng. Yuk, dicoba!)

1610852_794416740638664_8280796168812051373_n

Ingredients: (yields: 12 small cut of chicken)

– 1 cup of all purpose flour (125 grams) (tepung terigu)

– 1/4 teaspoon of salt (garam)

– 1 tablespoon of garlic powder (bubuk bawang putih)

– 1 teaspoon of cheyenne pepper (bubuk cabe merah besar)

– 1/2 teaspoon of chicken broth powder (bubuk kaldu ayam)

– 1/4 teaspoon of baking powder

– 3/4 teaspoon of black pepper (bubuk merica hitam)

Fried Chicken Recipe: (Resep Ayam Goreng Tepung)

1. Cut 1 whole medium chicken into 12 small pieces)

(Potong-potong 1 ekor ayam ukuran medium menjadi 12 bagian kecil.)

2. Preheat your pan (medium heat) with lot of oil enough to deep fry the chicken.

(Panaskan minyak yang banyak, cukup untuk menggoreng ayam.)

3. Prepare 200 ml of cold milk (susu cair dingin) in a bowl.

(Siapkan 200 ml susu cair dingin di dalam mangkuk.)

4. Begin to dip the chicken into the milk one at a time.

(Celupkan 1 potong ayam di dalam susu cair dingin.)

5. Roll the chicken on the mix flour. Turn back the chicken to the milk, and once again roll it on the frying mix. For more curly effect, pinch the surface of the floured chicken with your fingers for couple times.

(Gulingkan ayam diatas tepung bumbu, celup ayam sekali lagi ke dalam susu dingin, dan guling kembali ke tepung bumbu, untuk hasil gorengan yang lebih keriting: cubit-cubit permukaan ayam bertepung beberapa kali.)

6. Tap the excess of the flour and fry the chicken until golden brown for 8-10 minutes.

(Ketuk-ketuk ayam untuk menjatuhkan sisa tepung yang menempel di permukaan, goreng ayam selama 8-10 menit hingga kecoklatan.)

7. Put the fried chicken in a sieve for couple minutes and serve warm!

(Tiriskan minyak pada ayam dengan meletakkannya didalam saringan selama beberapa menit. Sajikan hangat!)

Advertisements

10 comments on “How to make Homemade Frying Mix (Bilingual- Eng-Indo)

  1. motherbakes
    September 18, 2014

    Dear Stanley, thanks sudah mencoba ya..
    Kalau mengenai rasa, tergantung selera,
    mungkin kalo suka gurih nya lebih mengigit silahkan tambah penyedap rasa atau bubuk kaldu ayam.
    Terima kasih.

  2. Irene
    October 16, 2014

    Ce, gorengnya apa harus pake minyak buanyakkk smp kerendem ayamnya? Aku selama ink pake wajan biasa yg melengkung dan selalu gagal. Bagian bawah yg nempel sama wajan itu gak mekrok2, jd gak cantik ky kfc punya

    • motherbakes
      October 16, 2014

      salam kenal Irene,
      kalo menurut ku iya, kalo bisa semua bagian ayam terendam, memang habis minyak banyak, tapi kitanya nggak susah kudu ngawasi ayamnya merata enggak warnanya, bisa pek wajan melengkung itu cuman minyaknya banyakin aja ya..banjir gitu.

  3. Valensia
    October 16, 2014

    Ijin share resepnya ya ce, aku pengen nyoba resep2nya, hehe. thank you ^^

    • motherbakes
      April 19, 2015

      Monggo HyppoChan, semoga cocok ya

  4. Irene
    October 16, 2014

    Oke ce, tak coba lg aja 🙂 tenkyuu

    • motherbakes
      April 19, 2015

      oke Irene..thank you

  5. Yuni
    November 1, 2014

    halo ce 🙂 kagum banget baca resep2nya cece. Jadi bikin turun ke dapur juga :p
    aku mau tanya ce, gimana adonannya untuk bikin ayam goreng ala KFC gt ya? biar kulitnya bisa tetep renyah. Ak pernah coba pake sedikit custard powder, tp kok kurang memuaskan juga –” apa harus diuleni pake adonan basah dulu ya?
    Thank you a bunch 🙂

    • motherbakes
      April 19, 2015

      Yuni, wah seneng bacanya.aku kalo bikin ayam goreng Kentaki cuman pake resep ini dari dulu sampe sekarang belum pernah ganti, belum pernah juga beli custard powder sis, menurutku dicelup susu dingin itu bagus hasilnya sis, dia nggak akan lepas tepungnya, asal kita cepet angkat nya. Selamat mencoba ya

  6. WANDA
    January 3, 2015

    jeng lengkap juga ya artikel nambah ilmu baru ni….moga artikel banyak manfaatnya n nambah pahala juga amin ,oya ajngan lupa kunjungi web aku juga ya…dan aku juga jula ALAT ALAT PUDING 3 DIMENSI NYA ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 25, 2014 by in Chicken, Fried Food and tagged , , .

We were nominated in

We were nominated in

We were nominated in

Follow Mother Bakes Easy on WordPress.com
%d bloggers like this: